Kalau kita bicara tentang otak, sebuah potensi yang amazing banget dari Allah, lama-lama
bisa tumpul juga loh kalau engga diapaki. Dipakainya buat apa saja sih? Banyak
! macam-macam mulai dari belajar (utama), berpikir kristis berdebat, membaca
buku (salah satu hal yang saya suka), bermain games, bermain music
dan lain sebagainya. Jika jarang dipakai, otak pun akan lemah dan menyusut
sehingga akhirnya kita jadi orang lemot dan tulalit tidak nyambung jika diajak
bicara. Tapi, jangan percaya sama jokes
diatas. Orang Indonesia canggih-canggih koq otaknya #asekkk. Banyak yang menang
olimpiade sains international,
penemuan-penemuan penelitian dari institusi pendidikan di Indonesia juga diakui
di luar negri (kita harus bangga
akan ini semua).
Namun pernahkah kita mendengar ada teman kita yang mengatakan atau diri
kita sendiri yang berucap “gue males
belajar fisika, ah! Ribet soalnya……” atau “habis ini belajar apa? Sejarah!! Ahh males gue, otak gue bebal kalo
udah pelajaran sejarah, habis ngafalin tanggal-tanggalnya nge-betein,
pelajarannya flashback mulu (?)…….”.
Sering
sekali bukan kita mendengar teman atau diri kita sendiri yang mengeluh seperti
itu? Seakan-akan pelajaran semisal fisika atau sejarah terlalu amat sulit
sekali (sengaja bahasanya dipilih agak lebay), sudah diluar kemampuan kita
untuk mempelajarinya. Padahal Allah yang maha Pemurah telah memberikan kita
sebuah “mesin berfikir” super cangih yang dinamakan otak. Bahkan computer canggih apapun yang telah diciptakan oleh
manusia – yang selalu bikin kita terkagum-kagum dengan kemampuan data processing, dan kapasitas memorinya
– sudah pasti tidak ada apa-apanya dibandingkan otak yang ada didalam kepala kita. Tidak percaya?? Mari kita bedah
mesin berpikir super canggih buatan sang pencipta ini yuk!!
ANATOMI OTAK
Sejak
lahir setiap manusia sudah dibekali dengan karunia yang bsar sekali dari sang
pencipta yang dalam istilah para dokter ahli syaraf disebut dengan High Brain Function – fungsi luhur,
akal berpikir yang tinggi – yang membedakan anatar manusia dengan makhluk lain
yang lebih rendah derajatnya.
Kalau
kita lihat dari sisi potensi kecerdasan, secara praktis para peneliti
kecerdasan membaginya menjadi 6 bagian yang vital berperan dalam kecerdasan,
yaitu :
·
1.Daerah prefrontal
Bagian otak ini adalah bagian yang
menentukan apakah suatu rencana yang kita buat akan dilaksanakan atau tidak.
Pada tempat ini tersimpan nilai-nilai luhur berupa moral dan agama. Daerah
prefrontal hanya berkembang pada makhluk setinggi manusia. Selain itu bagian
otak depan bawah ini juga berperan penting dalam hal kemampuan focus dan konsentrasi
dalam berpikir.
·
2.Otak Kiri
Tepatnya terletak pada bagian terluar
dan paling besar otak yang disebut Neokorteks.
Neokorteks bagian kiri telah dinamai oleh ahli-alhi syaraf terdahulu sesuai
dengan nama penemunya yakni Broca dan Wernicke. Bagian ini
terlibat aktif dalam penyusunan struktur bahasa dan kegiatan yang menuntut
berpikir logis semisal belajar matematika dan aktifitas berhitung.
·
3.Otak kanan
Pernahkan kalian membuat pusisi atau
menulis syair lagu?? Jika pernah, bagian otak yang mendukung aktifitas tersebut
adalah bagian otak kanan. Begitu pula cita rasa seni dan kreativitas yang
muncul saat kita sedang memikirkan sebuah ide juga berada pada area yang sama
yaitu Neokorteks bagian kanan.
·
4.Hipokampus
Fungsi utama area ini adalah melakukan
konsolidasi proses penyimpanan informasi. Otak terdiri dari milyaran sel otak
yang memilki ribuan serabut saraf/dendrit. #subhanallah. Saat kita coba
mengingat sesuatu, serabut-serabut saraf saling berkomunikasi dengan cara
memebentuk koneksi antar serabut/dendrit yang disebut sinaps. Komunikasi antar dendrite dilakukan dengan mengalirkan
zat-zat kimiawi yang dinamakan Neorotransmitter.
Semakin sering kita melakukan aktifitas mengingat, dan berpikir kompleks maka
jalinan sinaps antar sel-sel otak semakin kuat dan tebal. Saat koneksi antar
sel otak semakin kuat dan tebal, maka proses penyimpanan informasi diotak
semakin cepat dan dengan kapasitas yang luar biasa besar (bahkan para ahli
memberikan perkiraan kasar +/- 2000 triliyun informasi mampu diproses dan
disimpan dioatk. subhanallah)
·
5.Limbik
Diantara pusat otak dan korteks
terletak system limbik (dalam bahasa latin = batas ). Dengan berfungsinya
bagian ini, kita jadi dapat merasakan sedih, marah, bahagia, gembira, cinta dan
perasaan lainnya (asikk deh). Pada limbik inilah beragam emosi dimunculkan
karena ia mengontrol naluri kita. Limbik juga dapat disebut sebagai pusat EQ. selain itu, karena sistim limbik
bersentuhan langsung dengan bagian Hipocampus, maka kualitas memori kita juga
sangat tergantung pada bagian ini. Sebagai contoh, saat kita belajar dengan
perasaan gembira maka pelajaran yang sedang kita pelajari dapat diserap dengan
mudah dengan kualitas ingatan yang baik.
Ada
5 prinsip dalam mengingat :
v Keterkaitan pribadi
v Konsentrasi
v Menggunakan semua indera
v Kondisi ketergantungan saat menyimpan
ingatan
v Metode mengingat
·
6.Cerebellum/Otak kecil
Cerebellum disebut juga sebagai otak
kecil yang berkerut sehingga hamper seperti otak besar secara keseluruhan.
Bagian ini adalah pusat penyimpanan memori gerak. Saat kita mempelajari gerakan
tertentu, pada awalnya kita membutuhkan focus dan konsentrasi yang maksimal,
namun setelah dilakukan berulang-ulang focus serta konsentrasi kita terhadap
gerakan tersebut menajdi sangat minim, bahkan semakin sering dilakukan maka
pada suatu saat kita tidak lagi membutuhkan perhatian terhadap gerakan tersebut
karena sudah mencapai kualitas refleks/gerakan spontan.
Artinya, cerebellum mengontrol banyak
fungsi otomatis otak yang perlu dipelajari dan dilatih, seperti keseimbangan
dan koordinasi. Saat kita berjalan tanpa berfikir, cerebellum adalah control
atas gerakan kita.
Ada sebuah kabar gembira wahai
saudara-saudara tentang jumlah sel otak kita. Ternyata sel otak manusia bisa
bertambah. Hal ini diperkuat oleh penemuan para ilmuwan akhir-akhir ini. “pada
akhir abad XX, para ahli biologi Princeton University menghasilkan penemuan
yang dinobatkan sebagai *Penemuan Abad
Ini*. Untuk pertama kali dalam sejarah, pakar ilmu pengetahuan menemukan
bahwa bagian-bagian otak manusia dapat menghasilkan ribuan sel otak baru setiap
hari.”
Otak
manusia diibaratkan ALAM SEMESTA. Pernyataan
ini tidak berlebihan. Hal ini berhubungan dengan potensi atau kapasitas otak
itu sendiri. Berikut adalah fakta atau pernyataan dari beberapa ilmuwan:
Ø Jika seluruh informasi buku
perpustakaan disunia atau seluruh informasi jaringan telekomunikasi didunia ini
dimasukkan kedalam otak, otak manusia belum penuh.
Ø Jika setaip detik dimasukkan 10
informasi sampai kita meninggal kedalam otak kita, misalnya sampai umur 100
tahun, otak manusia belum terisi sepenuhnya.
Ø Kapasitas otak manusia adalah angka
satu diikuti angka nol yang panjangnya 10 pangkat 5 juta kilometer angka
standar
Ø Gambarannya adalah jika kita mengetik
ankan nol dengan menggunakan huruf standar pada laptop. Panjangnya hanya 30-40
cm
Ø Deretan nol sepanjang 10 pangkat 5
juta kilometer adalah sebanding dengan perjalanan bumi ke bulan sebanyak 14
pulang pergi
Ø Potensi otak manusia yang digunakan
rata – rata hanya sekita 0.0001% potensi otak manusia sesungguhnya.
SUBAHANALLAH betapa
besarnya ALLAH SWT memberikan kita
Otak yang luar biasa, maha besar Allah atas segala kekuasaannya.
Para ahli jiwa pada tahun 1950
meneliti bahwa potensi otak manusia yang digunakan hanya sekita 50%, tahun 1970
sebesar 10%, tahun 1980 sekitar 1% dan tahun 1990 yaitu 0.01%, dan berapakah rata-rata potensi otak manusia
yang digunakan sekarang? Kuarang lebih 0.0001% !!
Selama ini
sangat sedikit yang diketahui tentang otak dan cara bekerjanya. Orang-orang
sering dicap bodoh atau pandai, artistic atau pandai berhitung, intelek atau
tidak… pada saat menilai kemampuan mental. Sekolah formal mengajarkan sejumlah
hal, tetapi pendidik hanya memberikan perhatian selintas terhadap otak dan
fungsinya. Sangat sedikit sekolah didunia yang mengajarkan kepada muridnya
tentang bagaimana cara otak menyerap informasi, menyimpan informasi dan
mengeluarkan informasi tersebut. Anak didik tidak belajar apapun (sangat
sedikit) tentang sel otak dan jaringan penghubungnya. Mereka jarang diajarkan
tentang cara kerja memori, bagaimana mata bergerak pada waktu mnyerap
informasi, bagaimana proses belajar terjadi, bagaimana gambar bisa tecipta
didalam kepala, darimana datangnya imajinasi, bagaimana kreativitas dipupuk.
Anak-anak tidak pernah tahu secara persis bagian otak mana yang sedang mereka
gunakan dan yang lebih penting lagi, bagaimana mereka dapat menggunakan otak
secara lebih baik. Hal ini disebabkan sedikit sekali yang kita ketahui tentang
otak.
Baru
akhir-akhir ini saja (generasi sekarang) kita menyadari bagaimana masalah yang
berhubungan dengan hal yang sepertinya disebabkan oleh kemampuan mental yang
tidak memadai, ternyata sangat sedikit hubungannya dengan kapasitas otak yang
mendasar. Kitapun menyadari bahwa selama ini kita memang tidak perduli terhadap
potensi otak yang hebat dan mengagumkan ini.
Mungkin hal
yang paling mencengankan dari laboratorium penelitian para ahli otak adalah
suatu kenyataan, bahwa rata-rata orang menggunakan otaknya kurang dari satu
persen !. jadi potensi luar biasa yang belum tersentuh masih ada dalam diri
kita masing-masing.
“Allah memberikan kita hikmah kepada siapa yang
dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang diberi himah , sungguh telah diberi
kebajikan yang banyak. Dan tak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali
orang-orang yang berakal”
(QS. AL-BAQARAH : 269)
“Yang mau mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik
diantaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan
mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal”
(QS. Az-zumar : 18)
OTAK KIRI DAN OTAK KANAN
Otak
kita terdiri dari dua bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Kedua otak
tersebut secara biologis strukturnya identik dan bekerjasama secara harmonis.
Setiap otak terdiri atas berjuta-juta sel yang mirip bayi bergurita lengkap
dengan sel-sel yang lain. Kedua otak tersebut fungsinya sangat berbeda dan
mengatur bagian tubuh yang berbeda pula.
“otak kiri mengendalikan tubuh bagian kanan, dan otak kanan
mengendalikan tubuh bagian kiri. Luka pada otak kiri dapat menyebabkan
kelumpuhan pada tubuh bagian kanan dan sebaliknya”
Penelitian
intensif di Universitas California yang mempelajari tentang otak kiri dan otak
kanan telah mengungkapkan bahwa masing-masing otak tersebut mengendalikan
aktivitas intelektual yang berbeda, dari yang benar-benar kreatif dan
imanjinatif sampai yang paling logis dan kuantitatif. Akhirnya didapatkan
kesimpulan bahwa orang yang semata-mata menggunakan salh satu sisi otak saja
seringkali mengalami kesulitan dalam menggunakan sisi otak yang lainnya.
Akibatnya menjadi orang yang berpikir dengan dimensi tunggal dan sangat
subyektif.
“maha suci
tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang
ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka
ketahui”
(QS.Yaasin :
36)
Beberapa
fungsi dari otak kiri adalah menangani angka, susunan, logika, organisasi dan
hal lain yang memerlukan pemikiran rasional, beralasan dengan pertimbangan yang
deduktif dan analitis. Otak kiri terbiasa dengan hal-hal yang bersifat
matematis dan ilmiah, ia memfokuskan diri pada garis dan rumus, sebaliknya
mengabaikan kepelikan tentang warna dan irama.
Adapun
beberapa fungsi otak kanan adalah mengurus dimensi yang berbeda seperti mimpi
(hayoo siapa yang ska bermimpi), berkhayal (saya banget), warna, music, ritme
dan proses pemikiran lain yang memerlukan kreativitas, imajinasi yang hidup,
orisinalitas, daya cipta dan bakat artistic. Pemikiran otak kanan tidak begitu
tegang, kurang terikat oleh parameter ilmiah dan matematis, dia lebih focus
pada rupa dan bentuk, warna-warni dan kelembutan, sebaliknya mengabaikan ukuran
dan dimensi.
Anda
bisa bersifat ilmiah atau artistic, tetapi lebih baik lagi bila anda bersifat
keduanya. Anda hanya perlu mengembangkan kekuatan otak dan dengan semestinya.
Yang lebih penting adalah suatu kenyataan bahwa sekarang anda dapat diyakinkan
bila pada dasarnya tidak ada manusia yang disebut sebagai orang bodoh.
OTAK REMAJA
1.
Perkembangan periode kritis
Menurut penelitian, otak terus
berubah sepanjang hidup, tetapi ada satu lompatan besar dalam perkembangan otak
selama masa remaja. Seorang remaja akan melewati percepatan pertumbuhan,
keterampilan kognitif baru, dan kompetensi.
2.
Masa kedua pemekara otak
Para ilmuwan selama ini terbiasa
dengan pemikiran bahwa bayi memiliki koneksi neuronal yang meluap-luap yang
menjadi masa emas selama tiga tahun pertama kehidupan. Tetapi penelitian
terbaru menemukan bahwa ledakan kedua terjadi tepat sebelum pubertas
pertumbuhan neuronal yang memuncak pada sekitar usia 11 tahun untuk anak
perempuan dan 12 tahun untuk anak laki-laki.
3.
Kemampuan berpikir baru
Remaja mulai memiliki kemampuan
komputasi dan kemampuan pengambilan keputusan jika diberikan waktu dan akses
informasi. Namun dalam masa ‘panas’ seperti itu, pengambilan keputusan bisa
sangat dipengaruhi oleh emosi, karena otak remaja lebih mengandalkan pada sisim
limbic yang mengatur emosi diotak daripada korteks prefrontal yang lebih
rasional (kalau jaman sekarang Labil kali yahh. Hehe).
4.
Perubahan emosi
Pubertas adalah awal dari perubahan
besar dalam system limbic yang sangat penting untuk pembentukan memori dan
emosi. Perkembangan yang bersamaan dengan perubahan hormonal dapat menyebabkan
kemarahan, pengalaman baru yang intens, ketakutan, agresif, dan kesenangan.
MELATIH OTAK
1.
Gunakan tangan yang tidak dominan
Lakukanlah hal-hal baru yang dapat
meningkatkan kapasitas otak. Jika kamu adalah tipe bertangan kanan, cobalah
melakukan sesuatu dengan tangan kiri, seperti menyisir rambut, menggosok gigi,
atau menulis dengan tangan kiri, atau menggunakan mouse dengan tangan kiri.
(kalau saya pernah bermain bulutangkis dengan tangan kiri dan alhasil K.A.C.A.U
haha)
2.
Olahragakan Otak kita
Memainkan permainan seperti puzzle,
teka-teki, catur, mengingat nama, membuat daftar belanja, menghafal Al-Quran,
dan mengingat nomor telepon akan membantu otak kita semakin kuat dan meningkat
keahliannya. Jika kita malas melatih otak lama-kelamaan otak kita akan
kehilangan fungsi. Ketika masih kecil, kita sering bermain menginngat puisi
atau film yang ditonton dan kita menceritakan kepada teman teman sekelas kita.
Maka dari itu hindari malas kawan-kawan.
3.
Gerakkan jari untuk meningkatkan
kemampuan otak
Banyak orang yang menganggap
anak-anak dari Asia lebih pintar. Itu mungkin karena jari mereka sering digerakkan. Seperti makan dengan sumpit, dan
terkadang menggunakan sempoa saat disekolah. Selain itu juga bnyak dari anak
Asia yang makan dengan menggunakan jarinya. Penelitian menyebutkan, menggunakan
sempoa setiap hari, dapat menstimulasi pada ujung saraf yang dikirim langsung
ke otak dan meningktakan sirkulasi darah. Kita sebagai orang Asia dapat
mengambil keuntungan dari hal-hal seperti itu. Kegiatan motorik-motorik lainnya
seperti merajut benang, karya seni yang melibatkan jari seperti bermain piano
dan alat music yang menggunakan senar.
Dengan penjelasan tentang berbagai
kelebihan otak yang luar biasa tadi, maka masih layakkah kita bersikap pesimis
tentang kemampuan kita, hanya karena kita menemukan sedikit kesulitan dalam
mempelajari sesuatu???? Ingat.. you’re
what you think – kita ini adalah apa yang kita pikirkan dan kita yakini,
selain itu jangan lupa IQRA’…Bacalah…Berpikirlah..gunakan odal istimewa ini
sebaik mungkin untuk membaca serta memahami ayat-ayat Allah tersebar di alam
semesta ini, hingga kita memang layak untuk menjadi umat terbaik !
Ps : Pembahasan POTENSI OTAK ini aku dapatkan dari mata pelajaran
BIP ( bimbingan dan konsultasi pembelajaran ) di tempat les aku #akumohonizin
.. entah kenapa begitu tertarik mendengar kata POTENSI OTAK dan diberikan
lembaran-lembaran kertas yang membahas tentang potensi otak yang sekarang aku
tulis ulang kembali di blog aku ini.
Semoga saja info ini bermanfaat
untuk kita semua. Amien…
_NurulFajriyah_
Tidak ada komentar:
Posting Komentar