Pages - Menu - about me

Senin, 18 November 2013

[Prakarya] make a gypsum mask

hallo  … aku

Seperti biasanya aku yang tidak terlalu memiliki bakat seni (selalu menyerah sebelum berperang) ini selalu ogah-ogahan menerima tugas dimana membuat prakarya seperti ini (tidak boleh dicontoh ya!!!) kembali lagi, adakah yang kangen?? Hehehe

Kali ini aku mau bercerita tentang tugas Seni Budaya yang diberikan oleh guruku yaitu membuat topeng dari bahan gypsum untuk nilai praktek. Dimana sebelumnya aku diberikan tugas yaitu melukis. 



Oke, akhirnya dengan mengawali semua dengan niat (lebayyy) aku memulai membuat gypsum nya. Sekolah memang menyediakan kita untuk membeli bahan-bahan untuk membuat topeng gypsum sehingga kita hanya tinggal membelinya dengan mudah.

Setelah membeli alat dan bahan barulah aku membuat , itupun membuatnya malam lantaran mencari waktu luang karena begitu padatnya kesibukan disiang hari (cielahhh udah kaya artis aja) hahaha..

Alat dan bahan yang aku beli disekolah itu berisikan : tepung gypsum, cetakan topeng, kawat, dan papan kertas.
 
bubuk gypsum

 cetakan topeng



Lantaran aku masih bingung bagaimana cara step by stepnya karena tidak ada petunjuk tulisan dan hanya ada lisan dari sang guru yang menjelaskan. Akhirnya aku bertanya lebih tepatnya memohon bantuan kepada papahku.. heheheh (ujung-ujungnya minta tolong wkwk)
Dan dengan senang hati papah mau membantu (asikk), papah mengarahkan aku bagaimana caranya, dimulai dari mengukur seberapa banyak bubuk gypsum yang diperlukan dan seberapa banyak air yang diperlukan, hingga terciptalah sebuah adonan gypsum yang siap untuk dicetak.

1.      Campur bubuk gypsum dengan air, tuang air sedikit demi sedikit sampai adonan jadi (tidak terlalu kental, dan tidak keenceran)
2.      Jika sudah jadi adonannya, masukkan kedalam cetakan topeng
3.      Ratakan bagian atasnya, lalu tancapkan/masukkan kawat yang sudah dibentuk menjadi huruf U (ini optional yah) dengan ujung lekukan yang berapa dalam adonan. Gunanya kawat untuk membuat gypsum bisa ditempel di papan kertas nantinya dan bisa digantung.
4.      Jika sudah, tunggu sampai kering. Lalu kalau sudah kering tinggal dilepas secara perlahan
5.      Masukkan ujung kawat kedalam papan kertas yang sebelumnya telah dibolongi di bagian atas dan bawahnya.

1.      Kalau sudah siap diwarnai deh, bisa pakai cat warna, poster, bahkan akrilik .

Dan ini hasilnya yang sudah aku buat.. heheh menurutku ini biasa saja, bahkan seninya seperti tidak ada, tapi aku bersyukur bisa menyelesaikannya haha… 


Tanganku sampai penuh dengan banyak warna haha


Aku kira membuatnya begitu gampang, tapi nyatanya membutuhkan ketelitian dan keseriusan dalam pengerjaannya. Dan itu adalah hal yang positif bagiku karena melatih kita bagaimana untuk berkonsentrasi , dan teliti juga tentunya.

Pokoknya ada hikmah dibalik setiap kejadian hahahahaha


Okedeh, sekian postingan kali ini, silahkan koment jika berkenan, ini cuma keisengan semata :D



_NurulFajriyah_


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Cetakan topengnya beli dimana?

Anonim mengatakan...

Nama patung wajah apa itu?